Rabu, 24 September 2014

Nganjukku oh Nganjukku




Nganjuk adalah salah satu kota atau kabupaten yang berada di provinsi jawa timur. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Nganjuk juga dikenal dengan julukan Kota Angin.
mengenai sejarah kota nganjuk, sejarah kota nganjuk sangat lah panjang.intinya kota nganjuk dulu namanya bukan "Nganjuk" tapi "Anjuk Ladang".
kota Nganjuk adalah lintas utama dari jalur provinsi surabaya-yogyakarta.jadi tidak kaget bila nganjuk macet pada waktu hari hari besar.
Nganjuk juga memiliki banyak tempat wisata seperti air terjun sedudo , air terjun roro kuning dan peninggalan sejarah candi lor.
Kota nganjuk juga mempunyai makanan khas selain pecel yaitu nasi "becek". nasi becek adalah nasi yang terbuat dari sate kambing dengan diberi kuah gulai.selain nasi becek nganjuk juga mempunyai makanan khas yaitu "dumblek" makanan ini adalah makanan sejenis dodol.
Kota nganjuk juga mempunyai budaya yang unik yaitu setiap bulan sura ada acara yang namanya "siraman" yang dilakukan di air terjun sedudo.
Kota nganjuk juga termasuk kota yang mempunyai volume angin yang kuat karena kota nganjuk di apit pleh 2 gunung.
bagi yang suka angin silahkan saja tinggal di nganjuk terjamin angin nya jos gandos deh.
cara berbicara orang nganjuk juga bisa di ketahui tanpa kita tanya apakah dia orang nganjuk atau bukan. contohnya adalah "iya" , "iya" kalau kota orang nganjuk adalah "heeh". kalau "gede banget" orang nganjuk bilang nya "guede buanget" ya seperti itu lah contoh-contoh bahasa orang nganjuk.


sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Nganjuk
              http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016535810/share-amp-all-about--nganjuk/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar